Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Dr Jan S Maringka: Potensi Generasi Muda Tidak Boleh Diabaikan -->

Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Dr Jan S Maringka: Potensi Generasi Muda Tidak Boleh Diabaikan

07 Maret 2019, 07 Maret


MEDAN
Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Dr Jan S Maringka mengatakan,potensi generasi muda itu tidak boleh diabaikan, karena mereka  adalah pemilik masa depan Indonesia.
Karena itu, Kejaksaan memiliki kepentingan meningkatkan kesadaran hukum melalui pesan-pesan kepada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, kata Jan S Maringka menjawab wartawan seusai  kuliah umum di Auditorium USU Medan, Rabu (6/3) dengan topik “Generasi milenial , generasi sadar hukum”.
           Hadir disana Rektor USU Prof Runtung Sitepu, Dekan FH USU Prof Budiman Ginting, Kepala Kejatisu Fachruddin Siregar SH MH dan mahasiswa  USU, Unimed, Polmed dan PTS lainnya.
           Dikatakannya,  Kejaksaan  kini mengembangkan konsep pencegahan tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan Negara. Kita bersinergi bersama pemerintah pusat dan daerah melalui program Tim Pengawalan   Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Kita harap dengan TP4D pembangunan bisa berjalan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.
           Ditanya pantauannya terhadap situasi menjelang Pilpres ,ia menyebut sejauh ini kita berharap tetap kondisi terkendali seperti ini. Tentunya kita berharap bagaimana masyarakat memanfaatkan hak pilihnya , sekaligus mencegah potensi gangguan Pasca Pemilu, justru itu yang bisa menimbulkan masalah.
           Ditanya pula tentang berita hoax, Jan Maringka mengatakan, karena kita telah melakukan proses hukum semoga bisa jadi “trigger” (pemicu) , agar pelaku-pelaku lain memahami bahwa proses hukum terus berjalan dan itu tidak hanya terkait masalah Pemilu saja. Meneruskan berita berita bohong adalah tindak pidana,katanya.
           Jaksa masuk kampus atau masuk sekolah, katanya, diharapkan bisa memberi kesadaran hukum bahwa apa yang mereka lakukan bisa persoalan hukum tersendiri bagi dirinya maupun bagi masyarakat.
Menjawab mahasiswa ,dikatakannya  , silahkan lapor, bila ada perilaku jaksa yang melanggar etika. Bila ada laporan pasti kita tindak lanjuti.
           Pada kuliah umum itu, Jan Maringka bertanya, kapan Pilpres, dijawab mahasiswa 17 April. Mendengar ini Jan Maringka melanjutkan , Pemilu agenda besar, mari gunakan hak pilih kita, ada 5 yang dipilih nantinya. Mari kita jaga Pemilu berjalan lancar dan sesuai harapan.Pilih yang bisa melakukan perubahan di negeri ini,katanya.(Dame)
Teks foto: Jaksa Agung Muda Bidang Intelejen Dr Jan S Maringka didampingi Prof Budiman Ginting menjawab wartawan.

TerPopuler