Dr Syamsul Gultom Diperkirakan Yang Kuat Dua Profesor Kalah Bersaing Dengan 3 Doktor Calon Rektor Unimed Periode 2019-2023


MEDAN
Rapat senat Universitas Negeri Medan kembali menggelar tahapan pemilihan calon rektor Unimed untuk periode 2019-2023, Selasa (12/3) di ruang Sidang A Gedung Pusat Administrai Unimed.
Tahapan penyaringan calon rektor itu dipimpin Ketua Senat Prof Dr Abdul Hamid K MPd dan Sekretaris Senat Winsyahputra Ritonga SPd MSi. Ikut hadir disana utusan Menristekdikti sebagai peninjau adalah Sekretaris Dirjen Kelembagaan Ristekdikti, Dr Ir Agus Indarjo MPh dan Kasubbag Mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi dan Adm Biro SDM Kemristekdikti, Andi Irawan SIp MM. Rapat senat tahap penyaringan ini dihadiri 51 anggota senat, 1 anggota senat tidak hadir karena sakit. 
          Rapat senat dibuka oleh ketua senat, kemudian sekretaris senat membacakan tata tertib penyaringan calon rektor Unimed. Selanjutnya ke lima bakal calon rektor diberi kesempatan untuk memaparkan visi, misi dan program kerja.
Dr Agus Indarjo, utusan Menristekdikti mengatakan sangat memberikan apresiasi kepada semua kandidat yang terpilih, karena telah terpilih menjadi bakal calon rektor. Diharap kegiatan tahap penyaringan bakal calon rektor Unimed dapat berjalan dengan baik dan sukses dan akan terpilih tiga calon rektor yang akan membawa Unimed menjadi kampus kelas dunia.
Hasil dari penyaringan ini, akan  disampaikan kepada menteri sebagai laporan dan selanjutnya dilakukan pemilihan sesuai jadwal yang telah disusun. 
Penyampaian visi misi dan program kerja bakal calon rektor disampaikan secara bergiliran Prof Dr Muktar MPd, Prof Dr Sahat Siagian MPd,  Dr Syamsul Gultom, SKM MKes,  Dr Martina Restuati MSi dan  Dr Marice MHum.
Setelah ke lima bakal calon rektor tersebut memaparkan visi, misi dan program kerja. Kemudian dilanjutkan dengan tanggapan dan pertanyaan dari anggota senat dan utusan Menristekdikti.
          Setelah penyampaian visi, misi dan program kerja dari ke lima bakal calon rektor, kemudian dilakukan pemilihan calon rektor melalui pengambilan suara dari seluruh anggota senat yang hadir yakni 51 orang dan 1 orang tidak hadir karena sakit. Adapun hasil suara pemilihan calon rektor tersebut, dua calon yang bergelar Profesor dikalahkan 3 calon yang bergelar Doktor (S3) dengan hasil sebagai berikut : Prof Dr Mukhtar MPd tidak memperoleh suara, Prof Dr Sahat Siagian MPd, memperoleh 1 suara,  Dr Syamsul Gultom SKM MKes memperoleh 44 suara, Dr Martina Restuati MSi memperoleh 3 suara dan  Dr Marice MHum memperoleh 2 suara. Satu suara batal. Dapat ditambahkan , Syamsul Gultom ini adalah adik kandung Rektor Unimed sekarang Prof Syawal Gultom dan banyak pihak memperkirakan Syamsul Gultom calon kuat dan akan unggul nantinya?
Dari hasil tahap penyaringan bakal calon rektor dalam rapat senat kali ini ditetapkan oleh pimpinan sidang rapat senat bahwa tiga calon rektor Unimed periode 2019-2023 adalah  Dr Syamsul Gultom SKM MKes, Dr Martina Restuati MSi dan  Dr Marice MHum. Kemudian hasil rapat senat nantinya secepatnya akan disampaikan secara resmi kepada Menristekdikti di Jakarta. 
Dalam penutupan rapat senat, ketua senat Prof Abdul Hamid  mengatakan penyaringan calon rektor kali ini sangat aman, nyaman dan penuh kekeluargaan. Mari kita syukuri bersama, semoga selanjutnya hingga pemilihan dan pelantikan rektor Unimed yang baru nanti juga dapat berlangsung dengan aman dan tertib sesuai harapan bersama.
Kita telah saksikan bahwa pada intinya semua calon rektor ini ingin bersama-sama membangun Unimed ke arah yang lebih baik dan mewujudkan visi Unimed menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya. Mari kita dukung bersama siapapun nanti yang akan terpilih menjadi rektor Unimed periode 2019-2023.Ke lima bakal calon itu dijaring pada Januari 2019 lalu.
Humas Unimed M Surif belum lama ini  menyebutkan, ke tiga calon ini akan dipilih akhir Mei 2019 dan pelantikan Rektor terpilih dijadwalkan 15 Juni 2019. “Jadwal tidak berubah, namun sangat tergantung kesempatan menteri,”kata Prof Abdul Hamid dan Surif senada ketika dikonfirmasi, Rabu sore (13/3). (Dame)
Tesk foto : Tiga calon Rektor Unimed periode 2019-2023  yang dipilih senat Unimed yakni Dr Syamsul Gultom SKM MKes, Dr Martina Restuati MSi dan  Dr Marice MHum.

Lebih baru Lebih lama