Kapoldasu Hadiri HPN Di Belawan


BELAWAN - Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2019 diperingati ribuan masyarakat nelayan yang tergabung dalam HNSI bersama diperingati Kapoldasu, Irjen Pol Agus Andrianto dengan cara memunggut sampah langsung di perairan Belawan hingga akhirnya berhasil mengangkut sampah sebanyak 26,475 ton dari pesisir laut Belawan di dermaga Terminal Bandar Deli Belawan.

Dalam sambutannya, Ketua panitia pelaksana Dirpolairdasu, Kombes Pol Yosi M mengatakan, kegiatan ini untuk mendukung program pemeritah dalam mengkelola sampah dan hidup bersih.

"Kegiatan ini melibatkan 1400 orang dan ratusan kapal nelayan tergabung dalam bendera HNSI," ujarnya.

Untuk memotivasi, pelaksanaan pengangkutan sampah yang terbanyak akan m ndapatkan hadiah.

Ketua Pjs.HNSI Sumut Zulfahri Siagian mengatakan sangat mendukung kegiatan bersih sampah di pesisir laut yang melibatkan kalangan nelayan bekerjasama dengan Ditpolair.

Dalam moment acara ini juga kita membangkitkan kesadaran para nelayan untuk senantiasa turut menjaga kebersihan pantai dan laut demi anak cucu kita.

Dari hasil kegiatan lomba memungut sampah diikuti ribuan nelayan dihasilkan 26, 475 ton sampah organik maupun annorganik selanjutnya sampah yang terkumpul dibawa ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Marelan.Jelas Zulfahri.

Sementara, Kapoldasu Irjen pol.Agus Andrianto mengatakan, kegiatan peduli bersih nasional ini dilaksanakan demi anak cucu kita yang dapat mewarisi alam dan lingkungan laut yang bersih bukan alam yang tergantung pada kita tapi kitalah yang tergantung pada alam.

"Sampah lebih baik dari saya karena sampah kalau dikelola sangat banyak manfaatnya, banyak orang jadi kaya dari kelola sampah. Dengan hidup bersih akan melahirkan kwalitas hidup yang baik," jelasnya.

Kapoldasu mengingatkan tugas polisi membuat masyarakat bisa makan bukan sebaliknya guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu Kapoldasu secara simbolis memberikan bantuan alat kebersihan tong sampah serta memberikan paket tali asih bagi kalangan nelayan dan Kepala Lingkungan.

Selanjutnya Kapoldasu didampingi Kapolres Pelabuhan Belawan keliling pelabuhan Belawan dengan menaikit kapal patroli ditpolair guna memungut sampah dilaut bersama para nelayan selama kegiatan tersebut situasi aman dan lancar. (Ban)
Lebih baru Lebih lama