Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin : Pertumbuhan Ekonomi 2019 Masih Dikisaran 5% an -->

Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin : Pertumbuhan Ekonomi 2019 Masih Dikisaran 5% an

07 Januari 2019, 07 Januari

MEDAN
Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin menilai kondisi perekonomian kita di tahun 2019 ini masih tidak akan beranjak jauh dari realisasi perekonomian kita di tahun 2018 kemarin. Dan masih ada sejumlah ketidakpastian ekonomi eksternal yang bisa memperburuk kondisi ekonomi di dalam negeri.
“Artinya kita memang masih berada di tengah ketidakpastian yang bisa saja merubah ekspektasi pelaku pasar,” kata Gunawan Benjamin menjawab wartawan di Medan, Senin (7/1).
Dikatakan Gunawan, sementara itu, jika berkaca kepada kondisi ekonomi domestik, saya melihatnya memang ada dorongan dari belanja partai yang sehartusnya bisa mendongkrak aktifitas ekonomi masyarakat, khususnya dari sisi belanja rumah tangga. Karena PEMILU memang kerap menjadi salah satu pendorong aktifitas ekonomi di masyarakat kita.
Akan tetapi, hal yang paling krusial yang harus dijaga adalah adanya masalah keamanan dan ketertiban itu sendiri. Hajatan 5 tahunan tersebut seharusnya tidak menjadi sentimen negatif bagi perekonomian nasional. Gesekan di tengah masyarakat seharusnya bisa dihindarkan karena keberhasilan PEMLU lebih banyak mendatangkan manfaat dibandingkan dengan mudharatnya, kata Gunawan.
Secara keseluruhan, saya melihat potensi pertumbuhan ekonomi kita di tahun ini masih akan tumbuh dikisaran 5% an. Artinya tidak akan bergerak jauh dari realisasinya di tahun kemarin. Sejumlah sektor yang paling banyak diuntungkan adalah sektor yang berkaitan secara langsung dengan aktifitas PEMILU itu sendiri. Salah satunya percetakan, iklan maupun sablon, katanya. (Dame)


TerPopuler