Walikota Buka Acara Pesona Colorfull Medan

MEDAN - BOS : Wali Kota  Medan Drs H BT Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono bersama Konjen India untuk Medan DR Shalia Shah membuka  acara Pesana Colorfull Medan di Taman Sri Deli Medan, Sabtu (3/11) malam. Colorfull Medan mengusung tema India Culture Week  serta menampilkan beragam seni dan tarian India serta dikolaborasikan dengan  seni dan budaya etnis yang  ada di Kota Medan.

Pembukaan Colorfull Medan ditandai  dengan penyalaan lampu pelita dan kembang api oleh Agus Suriono dan Shalia. Ham[pir seribu orang pengunjung menyaksikan pembukaan Colorfull Medan tersebut. Kegiatan ini digelar untuk mengenalkan Medan sebagai kota multikultural  yang kaya akan seni dan budaya.

Atas dasar itu  jelas Agus, Colorfull Medan akan menjadi agenda rutin Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata. Setiap Sabtu awal bulan,  Colorfull Medan digelar di Taman Sri Deli, setiap etnis yang ada di Kota Medan secara bergilir akan mengisinya dengan menampilkan aneka seni  dan tarian masing-masing.

“Sebagai perdana, Colorfull Medan kita isin dengan aneka seni dan tari dari etnis India. Itu sebabnya  tema  acara yang diusung India Culture Week. Di pertunjukan Colorfull Medan  selanjutnya, giliran etnis lainnya yang akan mengisi. Semua ini kita lakukan untuk mengenalkan seni dan budaya etnis yang ada di Kota Medan,” kata Agus.

Selain mengenalkan seni dan budaya, mantan Kabag Aset dan Perlebgkapan Setdako Medan itu berharap masyarakat, terutama generasi muda dapat mengenal lebih jauh kesenian dan kebudayaan warisan para leluhur sehingga mereka mengenal lebih jauh dan tertarik untuk melestarikannya.

“Di samping itu dengan mengenalkan keberagaman seni dan budaya yang dimiliki, kita berharap  dapat menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara agar berkunjung ke Kota Medan. Apalagi Taman Sri Deli yang digunakan sebagai lokasi Colorfull Medan merupakan salah satu tempat bersejarah yang kita miliki,” ungkapnya.

Disamping menikmati aneka seni dan budaya dari masing-masing etnis yang ada di Kota Medan, jelas Agus, para pengunjung Colorfull Medan juga dapat menikmati aneka kuliner khas Kota Medan yang  dijajakan para pelaku UMKM Kota Medan. “Jadi masyarakat sambil menikmati aneka pertunjukan seni dan tari yang disajikan, mereka juga dapat mencicipi aneka kiliner khas Kota Medan yang tak diragukan lagi kelezatannya,” ungkapnya.

Dengan mengusung konsep Colorfull Medan, Agus berharap dapat  memajukan pariwisata Kota Medan. Oleh karenanya Agus  menginginkan seni dan tari yang ditampilkan masing-masing etnis benar-benar yang terbaik sehingga mampu menarik perhatian para wisatawan. “Semoga dengan gawean Colorfull Medan, wisatawan yang datang ke kota kita cintai ini lebih banyak lagi,” harapnya.

Sedangkan Konjen India untuk Medan Shalia Shah usai acara pembukaan, mengucapklan terima kasih  kepada Pemko Medan, terutama Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi karena telah memilih etnis India untuk tampil perdana pada pembukaan gelaran Colorfull Medan. “Terima kasih atas kesempatan ini. Event ini sangat kami apresiasi sekaligus untuk menyambut datangnya Perayaan Deepavali,” ujar Shalia. (rom)
Lebih baru Lebih lama