Pahlawanku Teladanku, Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 Tahun 2022 -->

Pahlawanku Teladanku, Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 Tahun 2022

10 November 2022, 10 November

Bos com,JAKARTA - “Pahlawanku, Teladanku” merupakan tema yang diusung sebagai tanda peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022. Hari bersejarah yang diperingati setiap tanggal 10 November ini dilaksanakan sebagai momen untuk menghidupkan kembali perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan dan sebagai pengingat kepada seluruh rakyat Indonesia untuk meneruskan perjuangan dengan mempertahankan kemerdekaan dan memajukan peradaban bangsa.


Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menandai hari bersejarah ini dengan menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022 di Lapangan Terbuka Rutan Cipinang, Kamis (10/11). 

Upacara dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB dan bertindak sebagai inspektur upacara adalah Plh. Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Kiki Aji Hidayat dan diikuti oleh Pejabat Struktural, seluruh Pegawai Rutan Cipinang dan beberapa perwakilan warga binaan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk nyata dalam menumbuhkan nilai-nilai cinta tanah air dengan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.


Pada upacara kali ini, Plh. Kepala Rutan Cipinang, Kiki Aji Hidayat membacakan amanat Menteri Sosial RI. Dalam amanatnya, Ia menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu.


"Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 dengan terus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sendiri. Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama”, Ucapnya.


Pada kesempatan ini dibacakan pula pesan-pesan perjuangan oleh para Pahlawan Nasional yang dapat membakar semangat para penerus perjuangan untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi nusa dan bangsa. Adapun salah satu pesan yang dibacakan yaitu, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Dan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961, merupakan pesan dari Bapak Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno.(JN)

TerPopuler