Gubsu : UN Jadi Bahan Evaluasi Peningkatan Pendidikan -->

Gubsu : UN Jadi Bahan Evaluasi Peningkatan Pendidikan

01 April 2019, 01 April



MEDAN
Sebanyak 146.888 siswa ‎Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Sumatera Utara mengikuti Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2018/2019, Senin (1/4). Untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mencapai 90 persen.
Hari pertama peninjauan Gubsu Edy Rahyamadi di SMA Negeri 1 Medan, di Jalan Cik Ditiro, Medan.
Menurut Gubsu, pendidikan menjadi prioritas untuk pembangunan dalam sektor Sumber Daya Manusia, untuk dapat bersaing secara luas dimasa akan datang.
Melalui UN ini, Edy mengatakan akan menjadi bahan evaluasi untuk peningkatkan pendidikan di Sumut.
“Jadi kita tahu standart dan kemampuan siswa seberapa dengan UN sebab sama materinya se-Indonesia. Kemudian diperingkat mana kita, untuk evaluasi siswa-siswa ke depannnya,” kata Edy Rahyamadi kepada wartawan, usai meninjau pelaksanaan UN di SMA Negeri 1 Medan didampingi Kadisdiksu Arsyad Lubis, Ketua UN August Sinaga SPd SST MAP dan Kepsek SMAN 1 Medan Drs Suhairi MPd.
Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu pun, berjanji akan memperbaiki dan melengkapi fasilitas pendidikan di Sumut ini, untuk lebih baik ke depannya. Termasuk, meningkatkan kompetensi dan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar dan mengajar.
“Untuk UNBK ‎SMA sudah 97 persen. Tahun depan harus 100 persen. Harusnya tahun ini UNBK 100 persen.
Saya akan ikuti dan cermati, hasilnya bagaimana. Siswa-siswa kita memiliki kemampuan untuk bersaing untuk berbuat masa depan,” katanya.
Berdasarkan data peserta dan sekolah menggelar UN diperoleh dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, tingkat ‎SMA dan ‎Madrasah Aliyah (MA) atau sederajat mengikuti Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran2018/2019‎ tingkat Sumut,‎ yakni Sekolah SMA melaksanakan UNBK berjumlah 1.504 sekolah. Sedangkan, melaksanakan Ujian Nasional Kerta Pensil (UNKP) 33 sekolah.
Kemudian, Siswa SMA melaksanakan UNBK berjumlah 116.466 peserta dan UNKP sebanyak 1.488 peserta. Untuk MA jumlah sekolah menggelar UNBK 476 sekolah dan UNKP tidak ada. Untuk peserta melaksanakan UNBK berjumlah 28.641 sekolah.
Kemudian, SMA Kristen menggelar UN berjumlah 7 sekolah dan peserta 85 peserta. Seluruhnya, melaksanakan UNBK. Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) berjumlah 9 sekolah dan peserta berjumlah 137 siswa. Seluruhnya juga melaksanakan UNBK.
Sedangkan, SMA Luar Biasa mengikuti UN tahun ini, sebanyak 13 sekolah dan jumlah peserta berjumlah 71 siswa. SMA Luar Biasa ini, seluruhnya menggelar UNKP.
Mata pelajara UN, Senin 1 April 2019 Bahasa Indonesia, Selasa 2 April 2019, Matematika, Kamis 4 April 2019, Bahasa Inggris dan Senin 8 April 2019, Mata Pelajaran Pilihan. Ketua UN Provinsi Sumut August Sinaga SPd SST MAP menyebutkan pelaksaan UN SMA sederajat berlangsung aman dan lancar.
“Hingga menjelang petang di hari pertama pelaksanaan UN ini terkendali dan belum ada laporan maupun temuan kendalanya. Kita harapkan akan terus lancar hingga UN berakhir Senin depan,” kata August. (Dame)
Teks foto : Gubsu Edy Rahyamadi didampingi Kadisdiksu Arsyad, Ketua UN August Sinaga saat meninjau di SMAN 1 Medan.

TerPopuler