UMSU PTS Pertama di Sumatera Meraih Akreditasi A


MEDAN
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih predikat akreditasi A untuk perguruan tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). UMSU menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera yang berhasil meraih peringkat akreditasi A dan kedua di Indonesia di luar Pulau Jawa.  
     Rektor UMSU Dr Agussani mengatakan, raihan akreditasi A untuk perguruan tinggi yang  berhasil diraih UMSU adalah berkat kerja keras yang dilakukan seluruh civitas akademika.
     "UMSU sangat bersyukur karena sukses meraih akreditasi perguruan tinggi dengan  peringkat A. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk alumni dan stake holder," kata Rektor Dr Agussani MAP di kampus Jalan Mukhtar Basri Medan, Rabu (20/3).
Didampingi Wakil Rektor (WR) 1-3 Dr H Muhammad Arifin Gultom, Akrim SPdI MPd, Dr Rudianto, dan Sekretaris Universitas Gunawan SPdI MTH, rektor mengakui, untuk mendapatkan akreditasi institusi A bukanlah perkara mudah. Ini karena syarat dan standar yang ditentukan BAN PT harus terpenuhi dengan nilai maksimal. 
Dikatakannya, penilaian meliputi proses pengajaran, penelitian  dan pengabdian masyarakat yang dijalankan UMSU. Selain itu juga capaian prestasi dosen maupun mahasiswa dibidang akademik dan non akademik dinilai secara kualitas dan kuantitas. 
Raihan akreditasi A juga tidak terlepas dari dukungan masyarakat  khususnya alumni dan stakeholder. Artinya, kata rektor, usaha dan kerja keras seluruh civitas akademika UMSU tidak akan mendapatkan hasil maksimal tanpa dukungan dari semua pihak yang peduli  dengan keberadaan UMSU.
Menurutnya, predikat akreditasi A yang diraih diakui sebagai prestasi membanggakan. Tapi bukan berarti upaya UMSU untuk terus berbenah dan memperbaiki diri menjadi berhenti.  Sebaliknya akreditasi A menjadi titik awal baru, karena tantangan yang dihadapi  justru semakin berat.  
"Tantangan paling berat itu justru bagaimana UMSU bisa  mempertahankan dan meningkatkan prestasi serta kepercayaan yang diberikan masyarakat," katanya.
Raihan peringkat akreditasi A UMSU mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, termasuk  Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Prof Dr Abdul Malik Fajar yang kebetulan menjadi narasumber dalam kuliah umum di UMSU. 
"Selamat kepada UMSU yang sukses  meraih akreditasi perguruan tinggi dengan peringkat A," katanya disela menyampaikan materi  kuliah umum.
Malik Fajar menuturkan, dirinya mengikuti perjalanan UMSU, dari yang dulunya hanya merupakan perguruan tinggi yang masih sangat sederhana dan belum begitu dilirik masyarakat.    
"Hari ini telah bergerak  sangat maju dan menjadi kebanggan masyarakat Sumatera Utara," ujarnya.   
Masih terkait capaian UMSU tersebut, dia menegaskan bahwa Muhammadiyah itu hadir untuk kemajuan, karenanya prestasi itu sangat penting. Bahkan sekarang gerakan Muhammadiyah itu  menuju Islam dan Indonesia berkemajuan. 
Menurutnya, prestasi dalam teori manajemen itu menyangkut martabat. Demikian juga  halnya, Islam itu mengajarkan untuk hidup bermartabat. "Muhammadiyah gerakan Islam yang bermartabat, selain bermartabat, Muhammadiyah itu juga harus menggairahkan, " katanya. 
Sementara itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Prof Dian Armanto juga menyampaikan apresiasinya atas raihan prestasi UMSU."Selamat kepada UMSU karena menjadi perguruan tinggi terbaik dan PTS yang pertama kali di Sumatera meraih akreditasi A," kata Dian Armanto.
Dia mengaku bangga atas kinerja rektor dan jajarannya serta seluruh civitas akademika UMSU."Semoga berkah dan jadi contoh perguruan tinggi lain," ujarnya.
      Dian berharap UMSU tetap bersemangat agar 50 persen dari prodinya meraih akreditasi A. "Dengan begitu jelaslah prodi itu bagus dan berkualitas sehingga masyarakat percaya menguliahkan anaknya di UMSU," ujarnya. (Dame)
Teks foto : Rektor UMSU Dr Agussani saat menyampaikan sambutan pada acara kuliah umum anggota Wantimpres Prof Dr Abdul Malik Fajar.

Lebih baru Lebih lama