Kodrati Gelar Donor Darah, Sumbang 144 Kantong Darah

MEDAN
Untuk kesekian kali, Kodrati (Komunitas Donor Darah Tirtanadi) menggelar kegiatan donor darah. Kali ini, komunitas kemanusiaan yang ada di lingkungan PDAM Tirtanadi itu, melakukan donor darah di Lantai IV Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jalan SM Raja Medan, Rabu (13/2). Mereka bekerja sama dengan PMI UTD (Unit Transfusi Darah) Kota Medan.

Kegiatan diikuti karyawan PDAM Tirtanadi dan masyarakat umum. Turut juga mendonorkan darah, Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Ir Arif Haryadian MSi dan staff lainnya.

Pada kesempatan itu, Arif Haryadian mengapresiasi kegiatan yang digagas Kodrati tersebut. "Jadi selama ini dari banyaknya kegiatan, maka manajamen, dalam hal ini direksi memberikan apresiasi khusus kepada Kodrati yang diketuai oleh Pak Gunawan, yang sukses secara rutin melakukan kegiatan-kegiatan, baik kegiatan amal ini," katanya.

Menurut Arif, donor darah adalah kegiatan yang bermanfaat bagi pendonor maupun penerima. "Kita ketahui bahwasanya kegiatan donor darah ini bermanfaat bukan hanya kepada penerima. Tapi juga bagi pendonornya. Meningkatkan kualitas pendonor menjadi kualitas lebih baik. Secara fisik, secara kesehatan, pasti lebih baik," kata Arif.

Selain itu, katanya, kegiatan seperti ini juga sangat baik dari sudut agama. "Juga secara qolbu. Jadi secara qolbu dia lebih baik, karena dia mempunyai hati yang ikhlas memberikan setetes darahnya untuk orang lain. Bermanfaat bagi orang lain merupakan sebuah kebaikan," sebut Arif seraya mengutip sebuah ayat dari Surat Al Imran Ayat 104.

Ada pun isi ayat itu adalah, "Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."

"Kami ucapkan selamat dan minta kepada Kodrati untuk tetap semangat. Dan secara rutin untuk melaksanakan kegiatan baik dan bermanfaat seperti ini," katanya.

Dalam kegiatan Donor Darah I Tahun 2019 itu, total yang mendaftar adalah 174 orang. Yang berhasil sebagai pendonor 144 orang dan menghasilkan 144 kantong darah. Sedangkan yang gagal karena alasan kesehatan 30 orang.

Kepada media, Ketua Kodrati Gunawan Hary Mulya menyampaikan, bahwa Kodrati sudah terbentuk sejak tahun 2011. Mereka rutin melakukan kegiatan donor darah per 3 bulan. Sehingga dalam setahun ada empat kali kegiatan seperti ini, bekerjasama dengan PMI Unit Transfusi Darah Kota Medan.

Disebutkan, ada dua tujuan donor darah. Pertama untuk tujuan hidup sehat dan kedua, untuk berbagi kepada sesama atau yang membutuhkan darah. "Hidup sehat karena sirkulasi atau peredaran darah menjadi lebih baik. Terjadi pertukaran darah," katanya seraya menambahkan, semua yang ingin ikut donor harus melalui pemeriksaan kesehatan. 

Selanjutnya, hasil donor akan disampaikan kepada PMI. "Kami disini mengupayakan pendonoran darah lalu disumbangkan ke PMI. Selanjutnya PMI yang mengatur masalah penyimpan dan penyaluran," katanya.

Kegiatan ini merupakan yang pertama untuk tahun 2019. "Terbuka untuk umum, bisa karyawan, nonkaryawan, pelanggan dan masyarakat awam lainnya. Dan kita sebagai panitia menghimbau kepada pegawai atau masyarakat umum, agar lebih perduli menuju hidup sehat dan perduli kepada saudara lainnya yang membutuhkan darah kita," katanya. (Dame)
Teks foto : Piagam penghargaan kepada Direksi PDAM Tirtanadi sebagai tanda ucapan terima kasih atas dukungan pada kegiatan donor darah yang diserahkan Dr Avina Hendarti.
Lebih baru Lebih lama