Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

MEDAN - BOS : Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima  Penghargaan  Natamukti 2018  dari Kementrian  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (15/11). Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan upaya yang telah dilakukan Walikota  dalam rangka mendorong sekaligus memajukan UMKM di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

                Penghargaan membanggakan itu diserahkan langsung Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Puspayoga didampinggi Chairman ICSB Hermawan Kartajaya pada  Puncak Panganugerahan Gebyar UKM Indonesia 2018. Penghargaan ini merupakan kali keduanya diterima Wali Kota, sebab tahun 2017, Wali Kota juga mendapat Penghargaan Natamukti.

                Menurut Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, penentuan penerima Penghargaan Natamukti melalui proses panjang. Dimulai dari riset yang dilakukan tim ICSB dari berbagai daerah, yang kemudian diverifikasi dilapangan oleh tim ahli ICSB dengan mengacu pada Model Natamukti, yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang terpercaya, terdepan, dan teratur.

                Dari hasil riset dan verifikasi yang telah dilakukan ICSB, Kota Medan terpilih bersama sejumlah Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia dinilai berhak  mendapatkan Penghargaan Natamukti 2018. “ Semoga dengan penghargaan yang diberikan ini dapat menjadi inspirasi para institusi pemerintah lain untuk memajukan UMKM di daerahnya masing-masing,” kata Hermawan.

                Ditemui usai menerima Penghargaan Natamukti 2018, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang baru diterimanya tersebut. Dikatakannya, Penghargaan Natamukti 2018 tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan penuh dari semua pihak dalam memajukan dan mengembangkan UMKM di kota Medan.

                “Alhamdulillah, Kota Medan kembali mendapatkan Penghargaan Natamukti. Tentunya penghargaan ini sangat membanggakan dan menjadi motivasi bagi kita untuk terus memajukan UMKM di Kota Medan. Selanjutnya penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh pelaku UMKM di Kota Medan. Mari kita jadikan ini sebagai momentum untuk terus melakukan kreasi dan inovasi guna memajukan dan mengembangkan UMKM yang ada di kota tercinta ini,” kata Wali Kota.

                Mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan itu selanjutnya mengingatkan kepada  seluruh jajarannya, terutama OPD terkait agar tidak cepat puas dengan penghargaan yang diterima tersebut. Justru keberhasilan itu dijadikan spirit dan motivasi untuk terus melayani dan membina seluruh pelaku UMKM yang ada di Kota Medan. Dengan demikian UMKM di Kota Medan akan lebih maju sekaligus menggeliatkan perekonomian.

                Terakhir, Wali Kota berpesan kepada sleuruh pelaku UMKM di Kota Medan agar terus menghasilkan produk yang berkualitas. Ditegaskannya, Pemko Medan siap  mendukung melalui pembinaan, pengembangan serta pelatihan sekaligus membantu memasarkan hasil produk sehingga dapat bersaing dengan produk daerah lain di Indonesia, termasuk mancanegara. (rom)
Lebih baru Lebih lama