Bangun Semangat Kebersamaan Melalui Rakernas APEKSI Guna Memajukan Kota


TARAKAN - BOS : Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri acaraWelcome Dinner yang digelar dalam rangka menyambut pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XIII tahun 2018 di Taman Sekampung Jalan Sei Sesayap, Kota Tarakan, Kalimantan Timur, Selasa (24/7).

Welcome dinner merupakan kegiatan  rutin yang digelar pihak tuan rumah untuk menyambut 98 Wali Kota dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam APEKSI. Jamuan makan malam ini digelar sebagai bentuk apresiasi dan ucapan selamat datang kepada seluruh Wali Kota yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri Rakernas APEKSI.

Selain jamuan makan malam, welcome dinner biasanya diisi dengan hiburan yang menghadirikan kesenian tradisionil  tuan rumah. Untuk welcome dinner kali ini, Pemko Taratakan menghadirkan Tari Iluk Seduhan Tarakan untuk menghibur seluruh Wali Kota yang hadir. Tarian ini berasal dari  Suku Tidung selaku penduduk asli bagian utara Pulau Kalimantan.

Disamping itu Pemko Tarakan juga mendatangkan penyanyi dangdut yang kini lagunya lagi membooming lewat tembang bergenre dangdut berjudul Syantik yakni Siti Badriah (Sibad). Tidak hanya 98 Wali Kota, penampilan Sibad juga menghipotis ribuan warga Kota Tarakan yang memenuhi seputaran lokasi welcome dinner.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tarakan Ir Sofian Raga MSi mengucapkan terima kasih kepada Ketua APEKSI Airin Rachmi Diani SH MH beserta seluruh Wali Kota yang tergabung dalam APEKSI, karena telah mempercayakan Kota Tarakan sebagai tuan rumah Rakernas APEKSI XIII tahun 2018  yang berlangsung mulai 24-28 Juli mendatang.

“Atas nama Pemko Tarakan dan seluruh warga, kami mengucapkan terima kasih karena telah menunjuk dan mempercayakan Kota Tarakan sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakernas APEKSI XIII. Untuk itu kami akan berupaya  agar penyelenggaraan Rakernas APEKSI berjalan dengan sukses dan lancar sekaligus menghasilkan keputusan yang bermanfaat,” kata Sofian.

Selanjutnya Sofian pun menggambar secara ringkas tentang Kota Tarakan yang memiliki luas sekitar 258  km2 dengan jumlah penduduk 253.000 jiwa. Diungkapkannya, ada 2 sejarah yang terjadi di Kota Tarakan yang tidak bisa dilupan setiap warganya. Pertama di tahun 1896, Pemerintah Hindia Belanda sudah datang ke Kota Tarakan untuk mengeksploitasi minyak.

Sedangkan yang kedua  sambung Sofan, pecahnya perang dunia kedua tahun 1942, dimana Kota Tarakan menjadi tempat pertempiran sengit antara Belanda, Jepang dan Australia. “Guna mengingatkan warga tentang dua peristiwa penting dan bersejarah ini, kami pun mendirikan dua  museum yakni museum perminyakan serta museum perang dunia kedua yang terjadi I Kota Tarakan,” jelasnya.

Sebelum menuntaskan sambutannya, welcome dinner yang juga dihadiri  Ketua APEKSI Airin Rachmi Diani SH MH, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tarakan, para pendamping WaliKota dari seluruh Indoneia, Sofian pun menegaskan, dirinya beserta seluruh jajaran akan berupaya menjadika Kota Tarakan sebagai kota perdagangan, industry, jasa, perikanan dan pariwisata.

Sementara itu Wali Kota Medan  Drs H T Dzulmi Eldin S MSi yang hadir didampingi sejumlah pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, termasuk Kabag Hubungan Kerjasama M Rivai Nasution berharap Rakernas APEKSI kali ini menghasilkan keputusan yang bermanfaat dalam upaya memajukan seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI.

Apalagi ungkap Wali Kota, sebelum Rakernas APEKSI, para Wali Kota telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, sejumlah usulan disampaikan kepada Presiden. “Semoga apa yang kita usulkan itu dapat ditindaklanjuti Bapak Presiden, sebab intinya untuk kemajuan seluruh kota,” jelas Eldin.

"Disamping itu dalam Rakernas APEKSI ini, seluruh Wali Kota akan membahas tentang permasalahan yang dialami kota serta memberikan masukan kepada pemerintah melalui rekomendasi yang dihasilkan nantinya. Yang lebih penting lagi, melalui Rakernas APEKSI ini terus kita bangun semangat kebersamaan untuk terus membangun dan melakukan inovasi sehingga masing-masing kota menjadi lebih baik lagi ke depannya,” ungkapnya.

Pelaksanaan welcome dinner berlangsung meriah. Wali Kota Tarakan menyambut satu persatu Wali Kota yang datang, termasuk Wali Kota Medan. Setelah itu Wali Kota Tarakan memberikan cindera mata sebagai ungkapan rasa terima kasih sekaligus bentuk penghormatan atas kedatangan mereka ke kota yang terkenal dengan julukan Bumi Paguntaka tersebut. (rom)
Lebih baru Lebih lama